Mode Apertur sangat perlu bagi fotografi

Bagi mereka yang baru saja mulai belajar fotografi, biasanya mengalami kesulitan bergerak dari mode otomatis ke manual. Untungnya, produsen kamera juga memikirkannya dengan ischakfotografi.com  menyediakan aperture dan prioritas mode rana. Pemotretan dengan menggunakan dua mode ini adalah cara terbaik untuk memahami «peran» aperture dan kecepatan rana dalam fotografi.

Mode Apertur Prioritas Memungkinkan Anda untuk mengontrol aperture, ketika kecepatan rana dan ISO akan tetap menjadi mobil dikendalikan oleh kamera.

ischakfotografi.com

Kapan Anda harus menggunakan mode prioritas apertur?

Mode Prioritas Apertur memungkinkan untuk mengontrol aperture yang memiliki efek pada kedalaman bidang.

Saat memotret potret atau close-up, tentu saja Anda ingin tetap fokus subjek dan juga mencerminkan latar belakang dengan memilih aperture besar.

  • Lanskap

Saat memotret pemandangan lanskap atau perkotaan, tentu saja Anda ingin latar depan dan latar belakang dengan fokus. Ini hanya bisa terjadi jika Anda memilih aperture kecil secara manual.

  • Pencahayaan yang buruk

Biasanya foto Anda terlalu gelap ketika Anda mengambil gambar dalam kondisi cahaya rendah.

  • Lampu panas di siang hari

Jika Anda mengambil gambar di siang hari dan hasilnya terlalu cerah, Anda dapat meminimalkan cahaya yang masuk ke kamera melalui lensa.

Apa itu mode prioritas rana?

Seperti namanya, mode prioritas rana memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan rana. Untuk mengenal lebih banyak, kecepatan rana adalah durasi ketika rana kamera terbuka sehingga cahaya dapat masuk ke kamera dan tentang sensor. Semakin lambat kecepatan rana maka cahaya yang diterima oleh sensor meningkat.

Kapan Anda harus menggunakan mode prioritas rana?

Seperti penjelasannya, Anda harus menggunakan mode ini ketika Anda ingin mengatur kecepatan rana penuh sesuai kebutuhan.

  • Pencahayaan redup

Jika Anda berada dalam kondisi cahaya redup, kemungkinan foto yang dihasilkan akan berada di bawah mode otomatis. Dengan mengurangi kecepatan rana itu menjadi lebih lambat maka akan ada lebih banyak cahaya yang datang sehingga hasilnya bagus.

  • Cahaya terang

Bayangkan diri Anda memotret menggunakan mode otomatis selama siang hari yang cerah. Dalam kondisi ini, Anda dapat menaikkan kecepatan rana.

  • Membekukan subjek gerakan

Jika Anda ingin membekukan binatang, mobil berlalu atau orang-orang berjalan maka yang paling cocok untuk menggunakan mode rana prioritas ini. Kecepatan rana lebih dari 1/500 sangat ideal untuk benda beku, tetapi tentu saja tergantung pada kecepatan gerakan.

  • Tampilkan gerakan

Jika Anda bermaksud memotret pergerakan bintang, cahaya atau biru saat mengenakan kecepatan rana lambat sehingga pergerakan subjek dibuat dengan baik.

Leave A Comment

Your email address will not be published.